Bagaimana merencanakan dan menerapkan kampanye email dingin yang efektif?
Diterbitkan: 2021-08-03Dalam sebagian besar percakapan pemasaran B2B, email dingin secara teratur digambarkan sebagai saluran pemasaran keluar yang menantang. Tapi itu hanya karena sering disalahpahami.
Email dingin, atau dikenal sebagai penjangkauan email, melibatkan pengiriman pesan email yang tidak diminta ke orang yang tidak dikenal yang mungkin tidak mengetahui layanan/produk Anda.
Ini adalah teknik pemasaran yang sering digunakan di antara perusahaan B2B, terutama karena murah. Selain itu, jika dilakukan dengan cara yang benar, mungkin lebih efektif daripada metode akuisisi klien lainnya.
Mengapa email dingin tampak terlalu sulit bagi sebagian orang?
Hasil bisa sulit dicapai melalui email dingin. Alasannya adalah hampir tidak mungkin untuk memulai percakapan yang bermakna dengan orang yang tidak Anda kenal, apalagi mendapatkan umpan balik positif dari mereka.
Namun, alasan utama cold email cenderung gagal adalah cara eksekusinya. Ada do's and don'ts yang harus diikuti.
Kami telah melihat beberapa kasus di mana pemasar digital B2B gagal mematuhi aturan — sebagian besar, karena kurangnya pengetahuan.
Berikut adalah beberapa contoh yang lebih umum:
- Dalam beberapa situasi, perusahaan B2B mencoba menjual produk/layanan mereka kepada prospek langsung dengan melibatkan mereka untuk membeli alih-alih memberikan waktu dan ruang kepada calon klien untuk melakukan pemanasan kepada mereka.
- Ada juga kasus di mana ahli strategi akuisisi gagal menahan keinginan untuk berbicara lebih dari yang diperlukan tentang pencapaian perusahaan mereka.
- Penjangkauan email yang dingin mungkin gagal karena baris subjek tidak cukup menarik untuk menarik perhatian prospek.
- Dalam skenario lain, ini bukan baris subjek atau badan email. Sebaliknya, CTA (ajakan bertindak) terlalu lemah, yang menyebabkan hilangnya prospek potensial.
- Hari-hari ini, banyak email dingin menjadi terlalu berantakan dengan tautan langsung, di mana penggunaan hyperlink akan berfungsi dengan baik.
Email semacam itu biasanya berakhir di kotak spam.
- Selain itu, kegagalan untuk menjaga konten tetap pendek bisa sangat mematikan. Prospek merasa melelahkan untuk membaca paragraf panjang. Paling-paling, mereka akan membaca sekilas dan menutup email.
Sayangnya, banyak pemasar B2B melakukan satu atau lebih kesalahan di atas saat menjalankan kampanye email.
Akibatnya, email dingin sekarang menderita karena memiliki reputasi sebagai alat pemasaran yang tidak layak.
Namun, di bagian selanjutnya, kita akan membahas teknik dan tip bagaimana menggunakan email dingin dengan sukses.
Strategi yang tepat untuk menerapkan email dingin dalam bisnis apa pun
Untuk setiap kampanye email dingin yang berhasil, masing-masing prinsip berikut harus diterapkan secara ketat:
- Bertujuan untuk menciptakan hubungan antara Anda dan calon pelanggan melalui personalisasi.
- Libatkan keingintahuan pembaca Anda dan dorong perasaan mendesak ke dalam pikiran mereka. Seberapa baik hal ini dilakukan menentukan seberapa efektif CTA nantinya.
- Berhubungan dengan prospek Anda dari tempat minat yang sama di sekitar materi pelajaran.
- Gunakan kata-kata yang tepat, buat pesan Anda singkat dan tepat dengan poin-poinnya.
- Gunakan struktur konten yang memproyeksikan kerapian dan juga membantu prospek merasa santai membaca apa yang Anda katakan.
Meskipun ada begitu banyak organisasi perusahaan yang menggunakan teknik email dingin, Anda dapat menikmati tingkat keberhasilan yang lebih baik jika Anda mematuhi prinsip-prinsip di atas.
Karena itu, sekarang mari kita bahas manfaat tersembunyi yang dapat ditawarkan oleh kampanye email.
Mengapa email dingin bisa menjadi strategi akuisisi klien yang sangat efektif
Di dunia bisnis saat ini, ada banyak perusahaan yang belum menambahkan email dingin ke tumpukan pemasaran digital mereka. Mengapa?
Semua yang diperlukan untuk memiliki akun email adalah akses internet, yang tersedia untuk hampir semua orang.
Untuk mengeksplorasi lebih lanjut mengapa email dingin bisa sangat kuat, kami akan membuat perbandingan yang berguna dengan menganalisis media pemasaran lainnya:
1. Pemasaran jarak jauh
Diperkirakan dibutuhkan antara 7-9 panggilan untuk berhasil mengonversi prospek melalui percakapan telepon.
Padahal, kumpulan email dingin dapat dikirim dalam beberapa menit secara otomatis.
Email tindak lanjut juga dapat diatur secara strategis untuk mencapai kotak masuk prospek pada saat-saat penting.
2. Pemasaran email
Email dingin dan pemasaran email tidak sama.
Dalam pemasaran email, template digunakan untuk menjangkau ribuan prospek yang tidak tersegmentasi.
Namun, peningkatan keamanan terbaru pada sebagian besar sistem email memungkinkan mereka mendeteksi pesan tersebut dan menandainya sebagai spam.
Dengan email dingin, Anda dapat menggunakan kerangka kerja sederhana yang memastikan email Anda akan berhasil masuk ke kotak masuk prospek Anda.
Seberapa bagus email dingin sebagai trik pemasaran (contoh statistik)
Penjangkauan email yang dirancang dengan baik dapat menghancurkan setiap kampanye pemasaran lainnya dalam hal hasil. Terkadang, Anda bisa mendapatkan hingga 80% open rate dan 20% dari pelanggan yang bersedia membeli.

Lihat beberapa contoh tambahan bukti bahwa email dingin berfungsi (jangan ragu untuk menggunakannya sebagai studi kasus untuk kampanye Anda).
Apa resep sempurna untuk kampanye email dingin yang sukses?
Membuat dan menyebarkan email dingin yang membuat prospek bertindak seperti yang diinginkan tidak terjadi dalam semalam. Anda harus bersedia menginvestasikan waktu dan tenaga untuk memahami kekhasan bisnis Anda.
Dengan begitu, Anda dapat mengidentifikasi cara yang tepat agar teknik ini berhasil untuk Anda. Anda juga akan dapat mengoptimalkan strategi penjangkauan email yang telah Anda pelajari.
Meskipun demikian, perlu diingat bahwa faktor-faktor berikut pada akhirnya akan menentukan hasil kampanye Anda:
- Efektivitas prosedur penargetan prospek Anda.
- Ketepatan proses segmentasi pelanggan Anda.
- Bagaimana Anda meletakkan proposisi nilai layanan/produk Anda sebagai solusi untuk kebutuhan prospek.
- Pemahaman Anda tentang situasi pasar
- Keunggulan kompetitif yang Anda miliki untuk memecahkan masalah tersebut (posisi Anda)
Meskipun semua ini secara teknis mungkin tampak terlalu menakutkan, Anda tidak perlu khawatir. Kami akan menunjukkan kepada Anda proses langkah demi langkah sederhana yang dapat Anda gunakan kapan saja.
Bagaimana memulai email dingin untuk kampanye pemasaran keluar
Pertama, Anda perlu berurusan dengan biaya. Tapi jangan khawatir: dibandingkan dengan metode alternatif, email dingin adalah salah satu yang paling terjangkau.
Jadi, katakanlah Anda ingin mengirim 2000 email per hari (jumlah yang sering direkomendasikan oleh para ahli), maka Anda harus menyiapkan yang berikut ini:
- Domain khusus, yang tersedia dengan harga sekitar €5 per tahun
- Pengirim email, dengan biaya sekitar €2 per bulan
- Alat pengirim. Anda dapat menggunakan Waalaxy, yang tersedia dengan harga sekitar €40-€80 per bulan.
Secara keseluruhan, Anda memerlukan sekitar €47 hingga €80 per bulan untuk menyiapkan rangkaian penjangkauan email yang lengkap.
Dengan menyingkir, sekarang mari kita lihat sifat email dingin yang hemat biaya dibandingkan dengan media pemasaran lainnya dalam pengaturan B2B.
Namun, perhatikan bahwa nilai yang diberikan di sini mungkin tidak mencerminkan biaya sebenarnya pada saat Anda melihat posting ini. Namun, kami mengharapkan perbandingan untuk selalu tetap sama.
CPM (Cost Per Mille) email dingin dibandingkan dengan saluran lain
CPM juga dikenal sebagai Biaya Per Seribu Tayangan. Ketika datang ke email dingin, diharapkan Anda mengirim setidaknya 2000 email dalam sehari.
Anda dapat melakukannya menggunakan pengirim G-Suite.
Namun, untuk analisis ini, kami akan mengurangi nilainya menjadi 1900 email dengan harapan kami akan mendapatkan 100 lead (20% dari 2000) setiap hari.
Jadi, pada hari ke-20 kampanye, kami akan menghubungi sejumlah 38.000 prospek.
Kemudian, dengan menggunakan hubungan matematis: CPM = cost of suite / total email yang dikirim, kita akan mendapatkan hasil sebagai berikut.
Dengan total biaya €47 untuk suite, kami memiliki; 47/38000 = 1,24
Dengan total biaya €80 untuk suite, kami memiliki; 80/38000 = 2,29.
Dengan demikian, kami mendapatkan CPM antara 1,24€-2,29€ (setara dengan $1,49-$2,75) untuk proyek cold email.
Di bawah ini adalah CPM dari platform pemasaran B2B lainnya:
- $30 untuk iklan di Pinterest
- $9,68 untuk iklan di YouTube
- $7,19 untuk iklan di Facebook
- $7,91 untuk iklan di Instagram
- $6,59 untuk iklan di LinkedIn
- $6.46 untuk iklan di Twitter
CPC (Cost Per Click) versus CPR (Cost Per Response) dalam Cold Emailing
Dalam hal mengukur keterlibatan pada kampanye email dingin, BPK memberikan ukuran yang lebih andal. CPC membantu untuk mengetahui apakah prospek membuka email yang Anda kirim atau tidak.
Dengan ekstensi, ini juga menunjukkan apakah baris subjek cukup menarik dan apakah prospek mencoba membaca konten sama sekali.
Namun, mengklik email saja tidak cukup. Kami juga ingin mengetahui tingkat responsnya. Di sinilah CPR masuk.
Tingkat respons rata-rata antara 10-25% adalah salah satu cara untuk menentukan kampanye email dingin yang baik. Untuk demonstrasi ini, kami akan puas dengan 10%.
Menggunakan data dari perhitungan kami pada CPM, kami akan menggunakan hubungan matematis berikut:
CPR = biaya paket / (Jumlah email harian *Tingkat respons* durasi kampanye).
Dengan biaya suite €47, kami memiliki: 47 / (1900 * 0,1 * 20) = 0,01.
Pada €80, kami akan memiliki 0,023€.
Sekarang, mari kita lihat apa yang ditawarkan di platform lain pada kuartal keempat 2018 .
- $3,72 CPR untuk iklan di LinkedIn
- $3,61 untuk iklan di YouTube
- $1,33 untuk iklan di Google
- $0,40 untuk iklan di Twitter
- $0,57 untuk iklan di Facebook
Kesimpulan
Dari diskusi di atas, mudah untuk melihat bahwa email dingin dengan mudah muncul di atas ketika biaya dan efektivitas dipertimbangkan.
Kemudian datang LinkedIn karena memiliki nilai BPK, CPR, dan CPM terendah dibandingkan dengan media lainnya.
Kami berharap dengan berbekal informasi ini, Anda akan dapat menyiapkan dan menjalankan kampanye email dingin yang paling efisien dan hemat biaya yang akan meningkatkan bisnis Anda.